Senin, 18 November 2013

How to Make American Quilt: Kenapa Harus Merahasiakan Cinta?



“Cinta yang didasari oleh saling menjaga rahasia ke publik tidak akan berjalan baik”. Itu kesimpulan yang ada di dalam film How to Make American Quilt. Film yang dibintangi oleh Winona Ryder ini menawarkan plot yang mengharu biru tapi cerdas dan enak ditonton. Disutradarai oleh Jocelyn Moorhouse, film ini di angkat dari novel karya Whitney Otto. Ini sebenarnya film lama, yakni tahun 1997 tapi setelah aku ingat-ingat jalan cerita film ini menarik untuk disimak. 

Seorang pemuda bernama Leon (Johnathon Schaech) jatuh hati kepada Finn (Winona Ryder) yang sedang pusing dengan urusan tesisnya. Finn lalu pergi ke rumah neneknya untuk mencari inspirasi. Banyak hal baru yang didapat Finn di sini. Menurut sang nenek yang diperankan oleh Ellen Burstyn, kehidupan itu seperti menenun kain. Tidak selalu mulus seperti yang diharapkan dan direncanakan. Di desa inipun Finn bertemu dengan Leon. Finn suka dengan cara Leon dalam mendekatinya, dan merekapun menjalin hubungan. Tapi disini Leon mengalami tekanan psikologis, karena Finn ingin merahasiakan hubungan mereka. Finn ingin tidak ada orang pun tahu, termasuk keluarga. Di ending cerita pun sangat menyakitkan bagi Leon, ternyata Finn menikah dengan Sam.

Film ini mendapat respon standar dikalangan pecinta film romantis, mungkin jalan ceritanya yang agak tak sesuai dengan novel aslinya. Terlalu melihat sesuatu dari sudut pandang wanita, mungkin karena sutradaranya wanita dan sebagian besar aktornya juga diperankan oleh wanita. Rancangan rahasia yang diinginkan Finn ternyata tak berjalan mulus, alih-alih rahasia mereka aman karena kenyataannya mereka berdua malah sering diledek oleh teman-temannya, karena jelas terlihat perubahan sikap sejak mereka menjalin hubungan. Sikap Finn juga sangat misterius dalam memperlakukan Leon, kadang sangat perhatian kadang juga seperti menganggap Leon tak ada. Tak seperti pasangan yang lain, komunikasi antara mereka berdua adalah hal yang “langka”, padahal kunci dari suatu hubungan sudah tentu adalah komunikasi. Ternyata inti cerita sudah ditebak, Finn sudah bertunangan dengan Sam, dan memutuskan untuk meninggalkan Leon lalu menikah dengan Sam. Ending cerita yang diluar dugaan ini yang menyebabkan rating film turun, karena karakter Sam tak pernah diceritakan tiba-tiba muncul begitu saja.
Jika kebanyakan orang menganggap ini salah satu film romantis, aku tak sepenuhnya setuju, karena bagaimana dengan nasib Leon? Padahal Leon sudah berjanji untuk berjuang demi Finn, tapi Finn tak pernah memberi jaminan perihal cintanya kepada Leon untuk bisa terus bersemi.

Terus terang aku tak suka film ini! It’s me…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar