Sabtu, 24 Agustus 2013

Cara Hellboy mempertahankan CINTA


Siapa yang tak kenal Hellboy, tokoh fiksi ikon komik sebuah maha karya Mike Mignola yang sudah 2x di filmkan. Kedua filmnya dibintangi Ron Perlman, salah satu aktor favoritku nih. Merujuk pada film sekuel pertamanya, aku ingin sedikit menceritakan sisi seorang Hellboy bukan dari sosok kepahlawanannya, karena itu jelas tak diragukan lagi, bagaimana Hellboy dalam membasmi kejahatan. Walau Hellboy terlahir dari dunia lain, tapi sifat manusiawinya sangat natural.

Hellboy adalah seorang yang tangguh dan kuat dalam bertarung, tapi sangat lemah menghadapi Liz. Dia sendiri yang mengatakan letak kekuatannya ada pada Liz. Tapi sayangnya, Liz belum juga merespon balik apa diinginkan Hellboy. Walupun mereka berdua sering jalan bareng, saling bertukar cerita, tapi tetap saja Liz masih menganggap Hellboy tak lebih dari sekedar teman.

Liz adalah gadis misterius, agak terkucilkan dari lingkungannya. Karena dia memang berbeda dari gadis pada umumnya. Itu yang membuat Hellboy jatuh cinta. Sudah beberapa kali Liz menyuruh Hellboy pergi dari kehidupannya, tapi Hellboy tak pernah menyerah.

Ada 2 janji suci yang pernah di ucapkan Hellboy kepada Liz. “Aku bisa menjanjikan kamu dua hal: Pertama, aku akan selalu jadi diriku sendiri, dan kedua aku tidak akan pernah menyerah untuk memilikimu mu”

Liz hanya tersenyum melihat tekad Hellboy. Dan Hellboy juga sadar, perjuangan mendapatkan Liz tak mudah, saingannya bukan main-main, adalah John Myers yang notabene seorang agen FBI lulusan terbaik juga mendekati Liz, yang tentu bagi seorang Hellboy merasa tersaingi. Tapi Hellboy adalah seorang pejuang sejati, rela melakukan apa saja demi Liz, bahkan harus mempertaruhkan nyawa sekalipun. Itu yang tak dimiliki oleh Myers.

Ending cerita yang sangat menyentuh, Hellboy yang berjuang mati-matian untuk keselamatan Liz, dan akhirnya Liz pun menerima cinta Hellboy, dengan disaksikan sendiri oleh kedua mata Myers.

Myers pun berkata dalam hati “Apa hakekat seorang pria sejati? Seorang teman ku pernah bertanya-tanya. Apakah asal-usulnya? Atau cara dia datang untuk hidup? Aku rasa tidak. Ini tentang pilihan yang dia buat. Bukan bagaimana ia mulai suatu hal, tapi bagaimana ia memutuskan untuk mengakhiri pilihan itu.” Myers sadar dia belum memiliki kualitas pendirian yang dimiliki Hellboy.

Secara harfiah, apa yang dikatakan Myers bisa berarti begini, Hellboy memulai mencintai Liz bukan atas kehendaknya, semuanya berjalan mengalir seperti air diluar kemampuanya. Tapi Hellboy mempunyai tekad, ingin membuat keputusan penting dalam hidupnya hanya untuk Liz, mundur bukan pilihan, berusaha meyakinkan Liz adalah pilihan pria sejati.

Kata-kata Myers pun jadi salah satu quote terbaik sepanjang film. Aku sangat suka film ini. Mike Mignola ternyata bisa membuat kisah romantis di balut dengan cerita aksi.

1 komentar: